Rabu, 17 Desember 2014

Mengubah Sampah Menjadi Energi Listrik


 Selamat datang dan  Salam Go Green. kita bertemu lagi di Blog yang Sederhana ini,  semoga wawasan dan pengetahuan yang kami sampaikan kepada pembaca dapat bermanfaat. Amiin. kali ini kami akan membahas artikel tentang Tekhnologi Mengubah Sampah Menjadi Energi Listrik. 

Baik akan kami mulai .
   Sampah merupakan permasalahan khusus bagi kota metropolitan. sampah juga menjadi masalah dari segi kebersihan dan juga kesehatan masyarakat. ada banyak langkah yang di lakukan untuk memanfaatkan sampah itu sendiri. dan diantaranya pemanfaatan sampah untuk di ubah menjadi Energi listrik.

   Dalam hal ini, sampah menjadi bahan baku untuk pembakaran air yang mendorong turbin Listrik. langkah inilah yang seharusnya menjadi solusi bagi masyarakat di perkotaan. Selain mengurangi dampaknya terhadap lingkungan, pengolahan sampah menjadi Energi Listrik ini juga menguntungkan di Sisi Bisnis juga. kara listrik yang di hasilkan juga dapat di jual ke PLN.

  Tekhnologi pengolahan sampah menjadi Energi Listrik pada Prinsipnya sangat sederhana sekali. yakni sampah di bakar sehingga menghasilkan Panas (proses konversi thermal). panas yang di hasilkan dari hasil pembakaran di manfaatkan untuk mengubah air menjadi uap dengan bantuan boiler. Uap yang bertekanan tinggi di gunakan untuk memutar turbin. Dan selanjutnya turbin dihubungkan ke generator dengan bantuan  poros dari generator yang menghasilkan listrik dan selanjutya Listrik di alirkan ke Konsumen.

Yang lebih jelasnya tentang proses kerja akan dirincikan sebagai berikut :

   Proses Konversi Thermal
   Proses konversi thermal ini dapat di capai melalui beberapa cara, yakni insenerasi, pirolisa, dan gasifikasi.
Insinerasi pada dasarnya adalah proses oksidasi bahan-baha organik menjadi bahan anorganik. Prosesnya sendiri merupakan reaksi oksidasi cepat antara bahan organik dengan oksigen.
    
  Pembangkit Listrik Tenaga Sampah yang di gunakan saat ini kebanyakan menggunakan proses insenerasi salah. Sampah dibongkar dari truk sampah dan di alirkan ke inserator. di dalam inserator sampah di bakar. Panas yang di hasilkan dari hasil pembakaran di gunakan untuk mengubah air menjadi uap bertekanan tinggi. Uap dari boiler ini langsung menuju turbin. Sisa pembakaran seperti debu diproses lebih lanjut agar tidak mencemari lingkungan (Truk spengangkut sisa proses pembakaran).

  Perlu di ketahui bahwa tekhnologi pengolahan sampah ini memang lebih menguntungkan dari pembangkit listrik lainnya. Sebagai ilustrasi 100.000 ton sampah sebanding dengan 10.000 ton batu bara. Selain mengatasi msalah polusi dan mengurangi dampak lingkungan, bisa juga untuk menghasilkan energi berbahan bakar gratis. 

  Pemanfaatan Sampah Untuk Tenaga Listrik di Beberapa Negara Maju

  Ketika kami melakukan Blog Walking kami menemukan sebuah artikel yang berisi tentang Pemanfaatan Sampah di Negara Lain. Dan perlu di ketahui bahwa Di Amerika Serikat, sekitar 2.500 MW listrik dihasilkan setiap tahunnya dari 35 juta ton sampah (17% dari total sampah yang di hasilkan). Lebih dari 80% volume sampah di Denmark dan 60% di Jepang juga di proses di Fasilitas WTE. Akibat pola pikir ini pemerintah maupun masyarakat mau menangani sampah secara maksimal. Sungguh menakjubkan bukan.

Sebagai dampak selanjutnya, tidak akan ada lagi sampah yang berserakan, membuat kota lebih indah dan kehidupan lebih sehat.  dan yang terpenting yaitu berkurangnya kerusakan lingkungan

Untuk kesekian kalinya kami ucapkan Terima Kasih kepada Pengunjung
dan
Semoga Artikel kali ini Bermanfaat.  

1 komentar:

Peraturan Sebelum Berkomentar..!!

1. Komentar harus relevan
2. Kritik dan saran (recomended)
3. No spam
4. No sara

Dan perlu di ingat dilarang untuk mencantumkan link aktiv
yang tidak bersifat mendukung dan satu tema

Featured Games

akar smectra © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com